banner

5 Tips Jitu Saat Melakukan Kencan Pertama Anda

5 tips jitu saat melakukan kencan pertama anda

Di zaman sekarang ini, berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menemukan ‘love of my life’. Mulai bertemu calon pasangan lewat media sosial, dating apps, komunitas sekolah, komunitas sosial, sampai dikenalin teman.

Perasaan gelisah, gugup, dan was-was, bakalan sulit dihindari saat kamu memutuskan untuk melakukan kencan pertama alias first date.

Sederet pertanyaan mungkin bakal datang ke benak kamu, seperti apakah dia akan cocok buatku, gimana kalau dia ternyata nggak tertarik sama aku, atau gimana caranya kencan ini bisa berlanjut.

Nah biar kamu nggak terlalu dag dig dug, Berikut kami kasih tips-tips supaya kamu ‘selamat’ dari kencan pertama. Apa saja?

1. Berpenampilan pantas

Meskipun penampilan bukanlah yang utama, dalam kencan pertama, kesan pertama sangatlah penting. Kamu bisa memberi gambaran umum tentang siapa dirimu dari penampilanmu. Pilih pakaian dan dandanan yang paling mewakili karaktermu, misalnya santai, outgoing, serius, atau trendy. Yang paling utama dari itu semua, kamu harus nyaman memakainya.

2. Siapkan Topik Pembicaraan

Untuk kencan pertama, batasi pembicaraan pada hal-hal yang ringan sembari kamu mengeksplorasi kepribadian teman kencanmu. Misalnya, apa kesukaan kalian, restoran baru di kota kalian, atau sesuatu yang sedang trending di media sosial hari ini.

Hindari pembicaraan ‘berat’ seperti misalnya masalah pilihan politik, masalah di kantor kalian, atau hubungan rumit kalian dengan orang tua. Ini kencan pertama guys, just be there and have fun, aja!

3. Jujur dan Apa Adanya

Tujuan utama kencan ini adalah mencari tahu apakah kalian bisa melanjutkan hubungan atau tidak. Jadi, pastikan bahwa apa yang kalian sampaikan ke teman kencan itu adalah hal yang sebenarnya.

Jangan mencoba berbohong demi terlihat lebih baik, karena kalau suatu saat teman kencanmu tahu yang sebenarnya, nilai kamu bakalan langsung jatuh merosot di matanya.

Lagipula, sebuah hubungan seharusnya didasarkan pada kejujuran, kan?

4. Bersikap Sopan dan Manis

Kalau kalian berkencan dengan makan malam, perhatikanlah etika makan malam di tempat umum. Seperti tidak merokok di tempat yang tidak diperbolehkan, makan dengan sopan, dan untuk kalian para cowok, persilakan dulu teman kencan wanitamu untuk memesan makanan.

Di budaya kita, cewek kebanyakan akan mengharapkan teman kencan cowoknya yang akan membayar makanan. Para cewek, jangan lupa tawarkan untuk membagi biaya makanan.

Jika teman kencanmu menolaknya dan bersedia membayar seluruhnya, jangan lupa ucapkan terima kasih atas kebaikan dan kesopanannya.

5. Terus Terang

Kencan segera berakhir. Saatnya memutuskan apakah akan membuat kencan ke dua atau tidak. Kalau kalian sama-sama merasakan ketertarikan, good for you. Kalau tidak?

Bicaralah terus terang bahwa kamu merasa kalian lebih cocok berteman daripada pacar.

Jangan lupa, tetap ungkapkan hal-hal yang positif tentang teman kencanmu dan ucapkan terima kasih untuk kencan yang menyenangkan.

Jadi, sudah siap untuk kencan pertama?

Artikel Terkait:

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam