banner

7 Alasan Kendurnya Payudara Wanita

7 alasan kendurnya payudara wanita

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian banyak wanita. Salah satu anggota tubuh yang harus dijaga agar badan tetap terlihat bugar adalah payudara. Maka, menjaga tubuh yang ideal berarti menjaga agar payudara anda tetap kencang. Namun, memasuki awal usia 20-an adalah saat yang rawan karena payudara akan mulai mengendur secara alami. Ditambah lagi jika gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari anda tidak seimbang. Payudara pun akan jadi lebih cepat kendur. Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan berbagai penyebab payudara kendur dibawah ini. Mungkin saja anda sering melakukan tujuh kesalahan berikut secara tak sadar.

1. Postur tubuh tidak ideal

anda mungkin pernah dengar soal dampak postur tubuh tidak ideal pada kesehatan tulang. Ternyata postur tubuh yang tidak ideal juga bisa memengaruhi bentuk payudara anda. Apabila anda terlalu sering duduk, berdiri, atau berjalan dengan posisi bahu membungkuk, payudara pun jadi cenderung mengendur. Ini karena otot-otot di sekitar payudara melemas. Maka, sebaiknya anda selalu menjaga postur tubuh yang ideal, baik saat duduk maupun berdiri. Idealnya, berdirilah atau duduk dengan posisi punggung yang tegak. Dengan begitu, otot-otot di sekitar payudara juga akan mengencang. Anda juga bisa melakukan yoga atau senam untuk memperbaiki postur tubuh anda yang terlalu membungkuk.

2. Kurang olahraga

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan aktivitas fisik anda sehari-hari. Pasalnya, kurang berolahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur. Ini karena otot-otot kecil di sekitar dada tidak pernah dilatih dan akhirnya melemas. Untuk mengembalikan kebugaran payudara anda, jangan sepelekan pentingnya beraktivitas fisik, terutama yang membantu anda melatih otot dada. Olahraga yang baik untuk mencegah payudara kendur adalah latihan angkat beban dan push-up.

3. Berolahraga terlalu keras

Jika kurang olahraga bisa membuat payudara jadi kendur, ternyata berolahraga terlalu keras juga berisiko menyebabkan payudara kendur. Apalagi kalau anda berolahraga tanpa bra khusus yang dirancang untuk beraktivitas fisik. Bra ini dikenal dengan istilah sport bra. Fungsinya adalah menopang payudara anda dari gerakan yang terlalu cepat. Olahraga seperti jogging, sepak bola, dan basket akan membuat payudara anda berayun-ayun dalam kecepatan yang tinggi. Hal ini berisiko merusak kolagen dalam payudara. Kolagen sendiri merupakan serat-serat atau jaringan yang bertugas untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan payudara. Maka, selalu kenakan bra khusus olahraga sebelum anda beraktivitas fisik.

4. Salah memilih bra

Kesehatan dan kekencangan payudara anda sangat bergantung pada pilihan bra yang anda kenakan setiap harinya. Untuk menjaga agar bagian tubuh wanita ini tetap kencang dan tampak bulat penuh, pilih bra yang ukurannya sesuai dengan bentuk payudara anda. Kalau anda memakai bra yang longgar, payudara anda tidak akan ditopang dengan baik. Pasalnya, payudara wanita tidak memiliki otot-otot khusus yang bisa membantunya agar tetap kencang. Jadi kalau bra anda tidak mampu menopang payudara, kulit anda lah yang akan semakin keras bekerja untuk menahan beratnya. Kulit yang dipaksa untuk bekerja terlalu berat akan semakin cepat menua dan kehilangan kekenyalannya. Inilah yang menjadi penyebab payudara kendur.

5. Merokok

Rokok adalah salah satu musuh terbesar payudara anda. Kebiasaan anda merokok tanpa disadari bisa memengaruhi bentuk payudara anda. Racun-racun yang terkandung dalam rokok seperti nikotin bisa menghancurkan kolagen dalam kulit. Padahal, persediaan kolagen dalam tubuh wanita jumlahnya lebih sedikit dari laki-laki. Selain itu, rokok juga akan mengganggu peredaran darah ke permukaan kulit. Akibatnya, payudara akan mengalami proses penuaan dini dan cepat mengendur.

6. Kecanduan alkohol

Sesekali minum minuman beralkohol memang tidak begitu terasa dampaknya pada payudara. Akan tetapi, terlalu sering atau kecanduan minum minuman keras bisa berakibat buruk dan menyebabkan kerusakan kolagen. Payudara anda pun jadi lebih kendur dan kulit di sekitarnya tampak kusam. Maka, perhatikan kadar alkohol yang anda konsumsi untuk mencegah payudara yang menua sebelum waktunya.

7. Berat badan yang naik turun

Hati-hati kalau berat badan anda tidak stabil. Kulit di sekitar payudara akan meregang mengikuti bentuk tubuh kalau berat badan anda naik. Namun, ketika berat badan turun lagi, kulit anda membutuhkan waktu beberapa lama agar bisa kencang kembali. Jika sebelum kulit mengencang anda sudah tambah berat badan lagi, kulit anda akan jadi kendur karena terlalu sering meregang. Jadi, anda sebaiknya menerapkan pola makan yang seimbang dan teratur supaya berat badan tak mudah naik turun dan payudara anda tetap ideal dan kencang.

Artikel Terkait:

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam