banner

Amankah Jika Menelan Sperma?

Amankah jika menelan sperma

Menelan sperma bagi kebanyakan orang bukanlah ide yang bagus. Sekalipun begitu, tanpa sengaja hal itu bisa saja terjadi di sela-sela melakukan seks oral. Pertanyaannya, adakah bahayanya jika sperma tertelan dengan tidak sengaja?

Dikutip dari Health, praktisi kesehatan seksual Michael Reitano MD menyebut sperma mengandung vitamin C, B12, asam askorbat, kalsium, asam sitrat, fruktosa, asam laktat, magnesium, seng, kalium, natrium, lemak, dan ratusan protein berbeda.

Tentu saja, kandungan ini tidak menggantikan asupan vitamin atau suplemen harian. Hal ini dikarenakan jumlah komponen setiap nutrisi di dalam cairan sperma terhitung kecil. “Jumlah komponen nutrisi air mani sebenarnya kecil dan sebagian besar isinya hanyalah air,” ujar Michael.

Pakar lainnya, dr Stacy Sampson, menyebut cairan sperma relatif aman jika tertelan. Namun, dr Stacy menegaskan, hal itu bukan berarti ada manfaat kesehatan langsung dari menelan sperma.

Dikutip dari Healthline, sperma dapat memberikan efek antidepresan alami bagi wanita yang tanpa sengaja menelannya. Hal ini dikarenakan sperma dapat merangsang hormon endorfin, estrone, prolaktin, dan oksitosin yang dapat memperbaiki suasana hati atau mood.

Namun, penting dicatat bahwa ada beberapa wanita yang alergi dengan sperma. Gejalanya meliputi gatal-gatal, kemerahan, bengkak, bahkan sesak nafas pada area yang terkena cairan sperma. Jika kamu memang alergi dengan cairan sperma, lebih baik tidak perlu mengkonsumsinya.

Hati-hati juga karena air mani atau cairan semen yang mengandung cairan sperma sangat berisiko menularkan penyakit kelamin. Sebisa mungkin, hindari saja kalau tidak mau ambil risiko. Air mani adalah cairan berwarna putih keruh yang diproduksi pria saat ejakulasi. Maka, tidak tepat jika menyebut cairan tersebut sebagai sperma. Di dalam air mani atau cairan semen, terkandung sel sperma (spermatozoa), fruktosa, dan berbagai enzim yang bertugas untuk membantu sperma melakukan pembuahan pada rahim. Setiap kali pria berejakulasi, air mani yang dihasilkan mengandung sperma.

Beragam virus yang bisa menular lewat air mani pria

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari Universitas Oxford dan Public Health Rapid Support Team di Inggris, para peneliti menemukan bahwa ternyata ada 27 virus berbeda yang dapat ditularkan melalui cairan semen.

Penelitian ini dilakukan setelah para peneliti melihat sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Emerging Infectious Disease pada 2016 yang melaporkan bahwa RNA dari virus Zikabisa hidup di dalam air mani selama beberapa bulan. Nah, dari hasil penelitian tersebut para ahli kemudian melakukan peninjauan dan mempelajari lebih dari 3.800 laporan ilmiah untuk mencari tahu virus lainnya yang bisa hidup dan ditularkan melalui air mani.

Hasilnya, para peneliti menemukan sebanyak 27 virus selain Zika, yang bisa hidup di dalam air mani dan menginfeksi aliran darah. Contohnya adalah ebola, HIV, hepatitis C, herpes, chikungunya, cacar air, dan gondongan. Virus Ebola bahkan bisa ditemukan di air mani mantan penderita selama 3 bulan hingga 1 tahun setelah kepulihannya.

Beberapa di antaranya, seperti HIV, ebola, herpes, dan hepatitis mungkin tidaklah terlalu mengejutkan karena keempat penyakit ini dikenal sangat umum menular lewat hubungan seks tanpa kondom. Namun, mayoritas dari patogen yang ditemukan oleh para peneliti belum pernah dipelajari sebagai penyakit yang bisa ditularkan secara seksual.

Artikel Terkait:

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam