banner

Apa yang Terjadi Saat Wanita Mengalami Disfungsi Orgasme

Apa yang terjadi saat wanita mengalami disfungsi orgasme

Disfungsi orgasme adalah suatu keadaan ketika seseorang kesulitan mencapai orgasme. Akibatnya, mereka sulit terangsang secara seksual dan tidak mencapai kepuasan saat hubungan seks. Hal ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Disfungsi orgasme pada wanita disebut anorgasmia atau gangguan orgasme wanita. Dikutip dari Insider, berikut beberapa faktor penyebab anorgasmia:

1. Trauma psikis

Wanita yang memiliki riwayat pelecehan seksual cenderung sulit mencapai orgasme karena memiliki rasa trauma berat. Mereka merasa tidak aman saat berhubungan seks sehingga tidak bisa menikmatinya.

2. Depresi yang berlebihan

Depresi atau gangguan kecemasan juga mempengaruhi orgasme. Saat keadaan mental sedang tidak baik, akan sulit terangsang secara seksual dan kurang puas saat hubungan intim.

3. Kurangnya komunikasi dengan pasangan

Komunikasi adalah kunci utama suksesnya hubungan seks. Jika kita tidak berkomunikasi dengan pasangan tentang apa yang kita inginkan saat bercinta, hal itu akan menyulitkan keduanya serta membuat hubungan seks kurang menyenangkan.

Gejala :

Disfungsi orgasme wanita dapat terjadi pada usia berapa pun. Masalah seksual sering terjadi ketika hormon berada dalam fluks, misalnya setelah melahirkan atau selama menopause.

Masalah seksual juga dapat terjadi diikuti penyakit utama seperti kanker, diabetes, atau penyakit jantung dan pembuluh darah ( kardiovaskular ) penyakit .

Wanita dikatakan mengalami disfungsi orgasme, jika:

    1. Keinginan untuk berhubungan seks rendah atau tidak ada.
    1. Tidak dapat mempertahankan gairah selama aktivitas seksual, atau tidak terangsang meskipun ada keinginan untuk berhubungan seks.
    1. Tidak dapat mengalami orgasme.
    1. Munculnya rasa sakit selama hubungan seksual.

Ketika salah satu gejala di atas sudah dialami berkonsultasi ke dokter merupakan solusi terbaik mengatasi disfungsi orgasme wanita.

Setelah mengetahui penyebab kesulitan orgasme, cara-cara berikut dapat mengatasi penyakit tersebut:

  • Menjalankan terapi seks untuk meningkatkan stimulasi klitoris selama masturbasi dan hubungan seksual.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penyakit tersebut. Jika masalah sudah serius, akan dirujuk ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Terapi hormon estrogen untuk meningkatkan hasrat seksual seperti mengonsumsi pil atau mengoleskan gel ke alat kelamin. Baik pil dan gel yang digunakan harus sesuai resep dokter.

Artikel Terkait:

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam