banner

Cara Aman Melakukan Kencan Online

Cara aman melakukan kencan online

Tentu saja, melakukan kencan online sangat menyenangkan! Ini merupakan cara bagus untuk anda menempatkan diri, bertemu orang baru, dan menemukan calon pasangan atau teman kencan anda. Namun, di saat yang bersamaan kencan online juga bisa menakutkan dan berbahaya, lho. Apalagi, ketika anda tidak mematuhi aturan keamanan kencan online yang paling dasar. Padahal, keamanan anda adalah hal terpenting yang harus anda ingat.

Untuk itu, pelajari dan lakukan beberapa aturan berikut ini saat bertemu langsung dengan pasangan yang anda dapatkan melalui aplikasi kencan online, ya.

Bertemulah di tempat umum

Aturan nomor satu yang harus selalu anda ingat dan tekankan pada diri sendiri! Tidak peduli seberapa tampan dan hebat si dia kelihatannya. Untuk pertemuan pertama, kedua, atau ketiga, pilihlah tempat dengan lingkungan yang anda kenal dengan baik seperti cafe atau mall misalnya. Jadi apabila terjadi masalah, anda dapat dengan mudah menemukan orang lain di sekitar anda, seandainya anda mengharapkan pertolongan.

Selain itu, anda juga dapat meminta sahabat untuk ikut dan duduk di meja lain, lho. Just in case anda merasa tak aman untuk pergi sendiri.

Pakai kendaraan pribadi*

Jika terjadi masalah, anda dapat dengan aman pergi meninggalkannya menggunakan kendaraan sendiri. Namun, apabila anda tak mengemudi, selalu persiapkan rencana alternatif sebelum bertemu dengan si dia nanti, ya.

Sebelum bertemu langsung, pastikan anda telah beberapa kali berkomunikasi dengannya melalui telepon

Percayalah, hal yang satu ini juga tidak kalah penting untuk anda lakukan sebelum bertemu si dia secara langsung! Tentu saja, berbicara bersama seseorang di telepon sangat berbeda dengan hanya sekadar bertukar pesan singkat atau email.

Berkomunikasi dengan si dia melalui telepon dapat menjadi bukti nyata untukmu bahwa si dia bukan merupakan seseorang dengan profil aplikasi kencan online palsu. Namun, bukan berarti bertukar pesan singkat tidak berguna, ya. Menjaga komunikasi merupakan kunci untuk mengembangkan sebuah hubungan yang baru, lho.

Pastikan selalu berbagi kabar dengan orang yang anda percaya

Sangat wajar, kok, ketika perasaan ragu dan khawatir menghampiri. Bertemu dengan sosok asing yang kamu dapati dari sosial media jelas sangat berisiko. Semua orang nggak terkecuali kamu setuju akan hal tersebut, kan? Untuk itu, kamu perlu membuat skenario terburuk yang mungkin saja terjadi, ya.

Beri tahu sahabat atau orang yang kamu percaya ke mana dan dengan siapa kamu akan pergi. Bahkan, apabila diperlukan, kamu juga dapat memberi mereka nomor teleponnya.

Atur pertemuanmu dengan si dia sekasual mungkin

Aturan ini lebih berkaitan dengan kenyamanan kamu daripada keamanan, ya. Tapi, apa salahnya anda terapkan di pertemuan pertama nanti?

Pilih tempat yang benar-benar membuat anda nyaman dan tidak merasa gugup, deh. Sesuatu yang santai adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih. Kedai kopi di siang hari, misalnya. Kombinasi tempat publik dan pilihan waktu yang tepat akan jauh lebih aman pula untukmu.

Sebaiknya hindari bertemu di bar atau klub untuk pertemuan pertama anda, ya. Selain terlalu bising untuk berbicara, ada begitu banyak risiko lain yang tentu saja tidak ingin anda ambil, bukan?

Pertemuan pertamamu tak seharusnya dihitung pula sebagai kencan pertama

Ini hanyalah pertemuan anda dan si dia untuk pertama kalinya. Mungkin, ada beberapa tanda yang membuat anda merasa bahwa ini adalah kencan. Tetapi sebenarnya tidak. Pada pertemuan pertama ini, anda hanya memastikan bahwa apa yang anda lihat darinya di media sosial sesuai dengan apa yang sesungguhnya atau tidak. Selain itu, inilah pula saatnya untuk anda tahu apakah si dia benar-benar tertarik untuk mengenal anda atau tidak.

Itulah beberapa aturan penting yang perlu anda ketahui sebelum bertemu langsung dengan si dia yang anda kenal lewat aplikasi online. Utamakan keselamatan dan kenyamanan kamu, anda ya, sebab pelaku kejahatan seringkali juga menggunakan aplikasi kencan online untuk bertemu dengan calon korban kejahatan mereka. Dan anda tentu tidak mau itu terjadi pada anda, bukan?