banner

Ereksi di Pagi Hari dan Bagaimana Mengatasinya

Ereksi di pagi hari dan bagaimana mengatasinya

Kondisi penis ereksi atau ‘berdiri’ di pagi hari dikenal juga dengan ‘morningwood’ atau secara ilmiah dikatakan sebagai nocturnal penile tumescence (NPT).

Penis yang ereksi secara spontan sering terjadi saat tidur atau ketika baru bangun. Pada dasarnya kondisi ini normal dan menjadi tanda bahwa penis sehat. Dikutip dari IFL Science, semua pria yang memiliki kondisi penis normal dan tidak mengalami impotensi akan mengalami ereksi selama tidur 3 sampai 5 kali.

Kondisi ini sering terjadi pada pria karena berbagai macam faktor. Misalnya naiknya hormon testosteron yang naik dan membuat anda terangsang. Hal ini juga dapat dipicu dengan mimpi erotis atau sebagai bentuk relaksasi otak. Tak hanya itu, kontak tidak sengaja selama tidur atau ketika bangun tidur misalnya kontak penis dengan guling juga dapat membuat ada ereksi.

Prof Tobias Kohler, MD, MPH, selaku akademisi program residensi divisi urologi di Southern Illinois University’s School of Medicine, Amerika Serikat, menyatakan bahwa jika penis dengan konsisten ereksi di pagi hari atau saat anda tertidur merupakan hal yang baik bagi tubuh. Hal tersebut membuktikan lancarnya peredaran darah ke penis.

‘Morning Wood’ biasa dialami oleh berbagai usia namun paling sering terjadi pada usia remaja sampai akhir 30-an karena produksi hormon yang sedan tinggi-tingginya. Makanya, seiring bertambahnya usia, ereksi penis pada pagi hari mengalami penurunan.

Ereksi tidak selalu dipicu oleh rangsang seksual, bisa juga terjadi secara spontan. Percayalah, urusannya bisa runyam ketika ereksi spontan terjadi pada saat yang tidak diharapkan.

Faktanya, ereksi memang bisa terjadi karena berbagai faktor nonseksual. Walaupun begitu, tetap saja tidak nyaman bila sampai ketahuan. Orang bisa saja berpikir yang tidak-tidak bila mendapatinya pada saat yang tidak tepat. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Ubah posisi

Jika ereksi spontan muncul saat duduk, silangkan kedua kaki untuk menyembunyikannya. Masukan kedua tangan ke dalam saku celana juga untuk membetulkan posisi penis agar tidak terlalu kelihatan.

2. Basuh dengan air dingin

Membasuh penis dengan air dingin bisa menghilangkan ereksi. Sebab, air dingin dapat menurunkan gairah di area sensitif itu. Namun, ini bukanlah solusi praktis ketika tidak sempat ke toilet.

3. Regangkan paha

Cara cepat lainnya untuk menghilangkan ereksi adalah dengan meregangkan paha. Segeralah meregangkan paha selama 30 detik. Upaya ini sangat berefek cepat untuk menghilangkan ereksi.

4. Rileks

Tidak usah cemas ketika penis mengalami ereksi secara tiba-tiba. Berusahalah untuk rileks. Fokuslah untuk mengatur pernapasan pelan-pelan sehingga pikiran lebih tenang. Pikiran yang rileks tidak hanya mengatasi, melainkan juga bisa mencegah terjadinya ereksi secara tiba-tiba.

Artikel Terkait:

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam